Jenis Jenis Speaker

Jenis-Jenis Speaker | Speaker merupakan komponen elektronika yang terdiri dari kumparan, membran serta magnet sebagai bagian yang saling terikat. Tanp
jenis-jenis-speaker

Jenis-Jenis Speaker | Speaker merupakan komponen elektronika yang terdiri dari kumparan, membran serta magnet sebagai bagian yang saling terikat. 

Tanpa terdapatnya membran, suatu speaker tidak akan menghasilkan suara, demikian kebalikannya. Bagian- bagian speaker tersebut sama- sama terpaut serta saling melengkapi satu sama lain.

Guna speaker yaitu mengganti gelombang listrik menjadi getaran suara. 

Proses tersebut terjadi karna terdapatnya gaya magnet akibat aliran listrik arus AC audio dari penguat audio kedalam kumparan sehingga membran akan bergerak dan menghasilkan suara. 

Kuat lemahnya getaran pada membran dipengaruhi arus listrik yang diterima. bergetarnya membran ini menciptakan gelombang bunyi yang bisa kita dengar.

Bagian - Bagian Speaker

Empat bagian speaker beserta fungsinya yang utama yaitu:
  1. Conus (sekat rongga). Gunanya menciptakan gelombang tekanan akibat gerakan udara di sekitarnya yang diakibatkan oleh gerakan kumparan. Gelombang inilah yang kita dengar sebagai bunyi. 
  2. Membran. Gunanya menerima induksi dari magnet sehingga menciptakan suara sebagai akibat dari getarannya. 
  3. Magnet. Gunanya untuk menginduksi membran serta menciptakan medan magnet. 
  4. Kumparan. Gunanya untuk mengalirkan energi gerak kepada conus. Pergantian medan magnet di dalam speaker akan menimbulkan kumparan bergerak sebagai akibat interaksi dengan medan konstan magnet.
Bahan penyusun speaker sebagian besar merupakan logam sebagai casingnya tetapi conus sebagai salah satu bagian speaker dapat terbuat dari beberapa macam bahan, kertas (non press paper & press paper), plastik (polycarbonate, plypropylene, mica,), logam (berrylium, titanium, tembaga) dan composite (bahan kombinasi, contohnya optical fiber Kevlar, honeycomb dan carbon fiber). 

Rentang frekuensi suara diantara 20 Hz– 20 Khz sanggup menghasilkan suara pada sistem speaker, frekuensi tersebut sesuai dengan rentang fekuensi pada pendengaran manusia. 

Berdasarkan rentang frekuensi seperti itu, speaker dibagi lagi dalam beberapa tipe.

Jenis - Jenis Speaker

Midrange

Midrange merupakan speaker yang biasanya berdimensi kurang lebih 3- 4 inci yang mempunyai cakupan frekuensi 350- 4500Hz. 

Midrange ini umumnya diikutsertakan pada 1 set sistem 3 way car audio. Tugasnya untuk menolong menyempurnakan high frekuensi maupun mengakomodasi vokal yang terdengar supaya lebih fokus dan jelas.

Tweeter

Tweeter merupakan speaker yang umumnya berdimensi kecil 0,5 inci, paling besarpun berdimensi 4 inci, bergantung merek serta keahlian cakupan frekuensinya. 

Fungsi tweeter yaitu untuk mereproduksi frekuensi besar yang cakupannya pada rentang 3500 Hz sampai 20 Khz. 

Contoh suara frekuensi besar ini antara lain ialah serupa suara vokal, cymbal drum serta suara dentingan perlengkapan musik yang lain. 

Tweeter juga pula terdapat yang dikenal dengan istilah super tweeter/ ribbon tweeter. Tipe ini mempunyai wujud yang berbeda dari tweeter biasa.

Umumnya persegi panjang dibentuk plat tipis serta sanggup menciptakan suara high frekuensi yang tidak bisa dijangkau oleh tweeter biasa, yakni pada rentang 5– 23 Khz.

Subwoofer / Woofer

Speaker subwoofer/wooferi yaitu untuk menghantarkan suara suara bass maupun berfrekuensi rendah.

Woofer dibatasi pada rentang frekuensi 100 Hz atau <100 Hz, tetapi woofer yang dapat menyemburkan suara pada rentang frekuensi 40 Hz serta dibawahnya dapat disebut sebagai suatu subwoofer. 

Pada umumnya subwoofer mempunyai dimensi 12, 15, 18 inci sebaliknya woofer kurang lebih 8- 10 inci.

Midbass

Midbass merupakan tipe speaker yang juga biasa disebut midwoofer, midwoofer dapat menghasilkan suara dengan rentang frekuensi 80- 350 Hz.

Umumnya midbass mempunyai diameter 5- 7 inci, serta midbass lebih didominasi pada suara rendah.

Fullrange

Tipe speaker yang sanggup mereproduksi sinyal audio pada seluruh range gelombang frekuensi audio.

Horn

Tipe speaker yang dibuat spesial untuk mereproduksi sinyal audio pada range gelombang frekuensi vokal manusia.

Fungsi Speaker dan Jenis Speaker

Tipe speaker menurut desain/ bentuk:

Speaker Dual Cone

Desain speaker terdiri dari 2 buah cone ( konus).

Speaker Coaxcial (Terpusat)

Desain speaker terdiri dari tweeter, midrange, woofer dan dalam satu poros dan berdekatan. Peranti ini sengaja di desain menciptakan frekuensi lebih rata. (contoh speaker: 4 Way, 3 Way, dan speaker 2 Way).

Speaker Split (Terpisah)

Tipe speaker ini merupakan tipe terpisah. Tweeter, Woofer dan Midrange terpisah. Speker ini dilengkapi dengan crossover yang tujuannya untuk membagi frekuensi suara (nada frekwensi tinggi . menengah dan rendah).
  1. Speaker 2 Way Terdiri dari Crossover, Woofer, dan Tweeter.
  2. Speaker 3 Way Terdiri dari Tweeter, Midrange, Crossover dan Woofer.

Copyright www.unboxing.eu.org