Unboxing Laptop ASUS ROG Zephyrus G14

Unboxing.eu.org - ASUS ROG Zephyrus G14 (GA40) menjadi perbincangan hangat karena laptop ini mengabungkan keandalan laptop gaming dengan desain yang ramping sehingga mudah dibawa kemana-mana. Mau tau spesifikasi, harga laptop, serta fitur-fitur yang dimiliki ASUS ROG Zephyrus G14 ini? mari kita unboxing.
unboxing-laptop-asus-rog-zephyrus-g14
ASUS ROG Zephyrus G14

Unboxing.eu.org - ASUS ROG Zephyrus G14 (GA40) menjadi perbincangan hangat karena laptop ini mengabungkan keandalan laptop gaming dengan desain yang ramping sehingga mudah dibawa kemana-mana. Mau tau spesifikasi, harga laptop, serta fitur-fitur yang dimiliki ASUS ROG Zephyrus G14 ini? mari kita unboxing.

Desain ASUS ROG Zephyrus G14


Selama ini, laptop gaming dikenal dengan ukurannya yang besar, berat dan susah dibawa kemana-mana. Namun dengan ketebalan yang hanya 17,9 mm membuat laptop ini memiliki dimensi lebih ramping dan ringan dibanding laptop gaming di kelas yang sama. 

Kamu dapat memilih dua warna yang kamu sukai, tersedia warna Moonlight White dan Eclipse Gray yang tentunya membuat tampilannya semakin elegan dan canggih.

Bodi honeycomb yang diterapkan pada laptop ROG Zephyrus G14 membuat beratnya menjadi lebih ringan dan lebih kokoh dibanding laptop gaming lainnya.

Magnesium alloy yang diproses secara spesial pun dipilih sebagai bahan pembentuk bodi laptop agar tidak meninggalkan bekas sidik jari ketika dipegang.

AniMe Matrix™ menjadi fitur yang dibawa untuk desain laptop ROG Zephyrus G1 ini. AniMe Matrix™ diletakan pada bagian belakang bodi layar yang terdiri dari 256 tingkatan pencahayaan dari 1.215 mini LED.

Animasi, grafis dan efek tampilan lainnya dapat dilakukan oleh fitur Anime Matrix™ yang tentunya membuat semakin keren dan unik dibanding laptop gaming lainnya.

Sistem audio pada laptop ROG Zephyrus G14 terintegrasi dengan efek tampilan music equalizernya. Perbandingan bobot untuk varian tanpa LED matrix hanya 1.6 kg dan yang dengan LED Matrix 1,7 kg hanya selisih 0.1 kg.

Proses riset dan pengembangan yang panjang dilakukan tim riset ASUS ROG, menjadikan fitur AniMe Matrix™ sebuah pencapaian yang signifikan.

Mereka memastikan posisi LED harus tersusun pada posisi yang tepat, mengurangi efek panas yang ditimbulkan, menghitung dengan presisi penggunaan daya dan membuat lapisan khusus agar cahaya LED tidak terlalu redup maupun terlalu terang.

Prosesor dan Kinerja ASUS ROG Zephyrus G14


AMD Ryzen 4000HS Series 35 watt terpilih menjadi prosesor yang digunakan pada laptop ini. Konfigurasinya sendiri terdiri dari 16 thread dan 8 inti tentunya dapat memenuhi kebutuhan profesional kreatif dan gamer yang produktif.

RAM DDR4-3200 menjadi pendukung prosesor AMD Ryzen 4000HS dengan pilihan kapasitas 16 GB dan 8 GB dan bisa ditingkatkan hingga 32 GB.Tidak diragukan lagi, prosesor ini memiliki efisiensi lebih baik dari prosesor AMD generasi lawas.

SSD NVMe berkapasitas sampai 1 TB disematkan sebagai media penyimpanan tentunya dapat membuat akses data menjadi lebih kencang.

"Prosesor Mobile Ryzen™ 4000HS Series dari AMD menjadi tenaga dari laptop ASUS ROG Zephyrus G14 ini. Arsitektur core ‘Zen 2’ pada prosesor AMD Ryzen generasi terbaru ini meningkatkan terciptanya produktivitas dan experience gaming yang menyenangkan. 

Teknologi 7 nm yang digunakan untuk pabrikasi chipset mampu memimpin industri pada saat ini. ROG Zephyrus G14 merupakan kebanggaan ASUS dan AMD yang dapat kami persembahkan untuk para profesional dan gamer," ujar Paige Shi, AMD Consumer Lead for APAC.

NVIDIA® GeForce RTX™ 2060 menjadi pendukung grafis yang bekerja dengan kecepatan 1298 MHZ dengan daya 65 Watt yang tentunya membuat laptop ini semakin powerfull.

Real-time ray tracing salah satu pemrosesan grafis modern dapat dilakukan oleh discrete GPU dengan Tensor Core yang merupakan arsitektur Turing terbaru. Kemampuan GPU tersebut mampu menjalankan tampilan garis terbaik dari semua game AAA.

GPU yang dilengkapai Dedicated video encoder ini mampu melakukan live streaming dan menjalankan game dengan lancar tanpa lag. Selain itu kemampuan GPU ini dapat digunakan untuk deep learning dan 3D modeling.

Sistem Pendingin ASUS ROG Zephyrus G14


AMD Ryzen 4000HS Series didesain khusus agar tidak menimbulkan panas berlebih / overheat.

Terbatasnya ruang pendinginan mempersulit untuk menjaga komponen pada suhu optimal. AMD Ryzen 4000HS dirancang tangguh untuk berkerja optimal di bodi laptop ultraslim yang tak memiliki banyak ruang untuk pendinginan.

Dengan permasalahan tersebut, ASUS merancang sistem khusus yang dapat mengatur secara otomatis penggunaan daya sesuai keinginan. Penggunaan daya di GPU dan CPU setiap detik dapat terpantau secara realtime dan mengatur sistem hingga bekerja optimal.

ErgoLift Design merupakan fitur pertama yang diadopsi laptop ROG Zephyrus G14 (GA401). Rongga udara ekstra yang dihasilkan dengan mengangkat bagian belakang laptop membuat aliran udara menjadi lebih lancar.

Selain itu, fitur ErgoLift Design membuat pengalaman mengetik menjadi lebih baik. Dengan membentuk sudut tertentu pada bagian belakang keyboard, tentunya menjadikan laptop nyaman dipakai dan lebih ergonomis.

Bagian exhaust yang terbagi menjadi dua bagian menjadi desain terbaru untuk cooling system laptop tersebut. Bagian pertama membuang udara panas ke sudut yang lebih rendah dan bagian kedua ke sudut yang lebih tinggi.

Pendinginan pun berjalan lebih optimal dengan membagi aliran udara tidak terfokus menjadi satu titik.

Sirip dengan ketebalan yang hanya 0,15 mm berbahan dasar tembaga sangat tipis menjadi heatsink pada cooling system ASUS ROG Zephyrus G14. 

Permukaan heatsink yang lebih luas dan sirip heatsink yang lebih tipis membuat panas tersebar secara optimal dan memperlancar aliran udara. Total dari sirip heatsink tersebut berjumlah 209 dengan luas permukaan sampai 68.868 mm2.

5 heatpipe khusus saling menghubungkan setiap heatsink. Heatpipe tersebut saling mengkoneksikan VRM, CPU, dan GPU yang menjadi komponen penghasil panas utama.

Heatpipe dan heatsink pada sistem pendingin laptop dengan desain slim perlu rancangan khusus seperti kipas n-Blade yang berbahan dasar liquid crystal polymer.

Perbedaan panjang bilah kipas antara 50 mm dan 51,2 mm dapat menurunkan tingkat turbulensi sehingga pada saat dijalankan dengan Turbo Mode,suara laptop ASUS ROG Zephyrus G14 tetap hening. 

Walaupun kipas diputar dengan RPM tinggi, tidak akan berubah bentuk karena dirancang dengan sedemikian rupa.

Layar ASUS ROG Zephyrus G14


Teknologi AMD FreeSync serta layar ukuran 14 inci dengan refresh rate tinggi disematkan pada laptop gaming ini. Dengan rasio bodi ke layar mencapai 85% membuat bezel laptop ini menjadi sangat tipis.

Resolusi WQHD dan Full HD menjadi pilihan yang dapat kamu pilih. Untuk yang mementingkan resolusi dapat memilih WQHD, sedangkan untuk para gamer lebih cocok dengan resolusi Full HD, karena memiliki refresh rate hingga 120 Hz.

Tidak ada lagi stuttering dan tearing saat bermain game karena dapat diatasi dengan teknologi AMD FreeSync™ yang mampu membuat sinkonisasi frame rate dan refresh rate.

Teknologi AMD FreeSync ditingkatkan dengan fitur variable refresh rate pada GPU Radeon™ yang terintegrasi dengan prosesor AMD Ryzen™ 4000HS Series.

Bagi content creator dan profesional kreatif, layar ini sangat cocok karena sudah mendapat sertifikasi PANTONE yang berarti memiliki kemampuan reproduksi warna yang akurat.

Sertifikasi tersebut disesuaikan saat proses produksi sehingga siap digunakan untuk kebutuhan profesional sejak awal digunakan. Dimana, dapat menghasilkan tingkat reproduksi up to 100% pada color space sRGB pada layar laptop gaming ini.

Baterai dan Fitur-Fitur Lain ASUS ROG Zephyrus G14


Jangan takut kehabisan baterai karena baterai laptop ini mampu bertahan hingga 10 jam pemakaian. Penggunaan kabel USB Type-C 65 watt dalam pengisian daya baterai lebih ringkas dibandingkan adaptor 180 watt.

Laptop ini bisa berfungsi sebagai powerbank untuk mengisi daya gadget maupun smartphone lainnya melalui port USB type-C dan dapat memasok arus listrik hingga 3 Ampere.

Protokol DisplayPort 1.4 mendukung display output pada Port USB Type-C tersebut. untuk menghubungkan TV 4K dan ke monitor disediakan port HDMI 2.0b.

Untuk menghubungkan ke perangkat gaming, tak perlu dongle lagi, karena sudah tersedia port USB Type-A.

WiFi 802.11ax atau Intel WiFi 6 (Gig+) mendukung Konektivitas nirkabel. Jika terhubung dengan router yang kompatibel, kecepatan transfer data WiFi generasi baru ini bisa sampai 2,4 Gbps. 

Dibandingkan WiFi generasi sebelumnya, Latensi WiFi 6 juga lebih minimum, sehingga kualitas koneksi lebih baik.

Power button laptop ini pun dilengkapi dengan sensor sidik jari. Memori khusus akan menyimpan data sidik jari ketika power button ditekan, kemudian akan dikirim ke sistem Windows Hello pada saat proses login.

Inputan akan lebih akurat dan responsif karena fitur N-key rollover yang terdapat pada keyboard laptop gaming ini.

Walaupun keyboard ditekan lebih dari 20 juta kali, keyboard ini akan tetap bertahan karena menggunakan teknologi Overstroke.

Harga ASUS ROG Zephyrus G14


ASUS ROG Zephyrus G14 (GA401) dapat dibeli di toko komputer kesayangan mu atau beli di e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Bhinneka, Lazada, JD.ID dan Blibli.

Harga yang dibanderol pada ROG Zephyrus G14 dengan Varian dengan AMD Ryzen 9 4900HS dan RAM 16 GB dibanderol Rp34.999.000 dengan pilihan resolusi layar FHD atau WQHD.

Sementara itu untuk versi AniMe Matrix harga dibanderol mulai Rp23.999.000 dengan prosesor AMD Ryzen 7 4800HS dan RAM 8 GB. 

Dan terakhir untuk seri AMD Ryzen 5 4600HS adalah Rp18.299.000. Pada versi ini belum mendukung Anime Matrix dan kapasitas RAM 8 GB.

Spesifikasi ASUS ROG Zephyrus G14


CPUAMD Ryzen™ 5 4600HS Mobile Processor (6C/12T, 11MB Cache, 4.0 GHz Max Boost)
AMD Ryzen™ 7 4800HS Mobile Processor (8C/16T, 12MB Cache, 4.2 GHz Max Boost)
AMD Ryzen™ 9 4900HS Mobile Processor (8C/16T, 12MB Cache, 4.3 GHz Max Boost)
Sistem OperasiWindows 10
MemoriRAM DDR4 3200MHz 8 GB
RAM DDR4 3200MHz 16 GB
Media PenyimpananSSD PCIe NVMe 512 GB
SSD PCIe NVMe 1 TB
Layar15,6” (16:9) IPS WQHD (2560x1440), Pantone Validated, 60Hz, Adaptive Sync
15,6” (16:9) IPS FHD (1920x1080), Pantone Validated, 120Hz, Adaptive Sync
GrafisNVIDIA GeForce GTX 1650Ti 4GB GDDR6 VRAM
NVIDIA GeForce GTX 1660Ti 6GB GDDR6 VRAM
NVIDIA GeForce RTX 2060 6GB GDDR6 VRAM
Input/Output2 x USB 3.2 Gen1 (Type-A), 1x HDMI 2.0b, 1 x combo audio jack,1 x USB 3.2 Gen2 (Type-C) with DisplayPort 1.4 and Power Delivery, 1 x USB 3.2 Gen2 (Type-C).
KonektivitasBluetooth 5.0, 802.11ax Wi-Fi 6 (Gig+)
AudioArray Microphone, 2 Speakers with Smart AMP technology
Baterai4-cell Li-ion, 76WHrs, 4S1P
Dimensi32.4(W) x 22.2(D) x 1.99(H) cm (With AniMe Matrix™)
32.4(W) x 22.2(D) x 1.79(H) cm (Regular)
Bobot1,7 kg (With AniMe Matrix™)
1,6 kg (Regular)
WarnaMoonlight White, Eclipse Gray
HargaNon-AniMe Matrix
Rp18.299.000 (R5-4600HS/GTX1650Ti/8G/512G PCIe/FHD)

AniMe Matrix
Rp34.999.000 (R9-4900HS/RTX2060/16G/1TB PCIe/WQHD)
Rp34.999.000 (R9-4900HS/RTX2060/16G/1TB PCIe/FHD)
Rp28.999.000 (R7-4800HS/GTX1660Ti/8G/512G PCIe/FHD)
Rp23.999.000 (R7-4800HS/GTX1650Ti/8G/512G PCIe/FHD)

Copyright www.unboxing.eu.org